Sabtu, 12 Mei 2018

Tips Merawat Rumput Sintetis

Sempitnya lahan serta gaya hidup yang praktis terutama di perkotaan memunculkan berbagai alternatif dalam mendesain hunian. Salah satunya dengan kehadiran rumput sintetis. Pada awalnya rumput ini hanya dipakai untuk lapangan futsal maupun bola kaki. Namun seiring dengan waktu, rumput sintetis juga mulai digemari dan dijadikan sebagai penghias halaman rumah. Tetapi penggunaan rumput sintetis untuk halaman rumah masih terbilang minim. Berbagai kelemahan dasar, seperti tidak meresap air dan mudah terbakar adalah kendala utama.

Walau begitu, jika dirawat dengan baik, kehadiran rumput sintetis akan lebih maksimal. Berikut kami rangkum cara merawat rumput sintetis, khususnya untuk kebutuhan rumah Anda. Namun terlebih dulu harus kita pahami benar bagaimana pemasangan rumput sintetis.

Rumput sintetis dipasang dengan paku khusus pada lantai semen. Biasanya juga menggunakan lem khusus. Lem ini bisa berkurang daya rekatnya jika terkena cairan berlebih, misalnya saat turun hujan.

Gesekan-gesekan kaki juga berpotensi membuat lapisan rumput mudah lepas karena tarikan dari dari alas kaki saat bergeser. Untuk rumah, cek rumput sintetis minimal sebulan sekali. Untuk lapangan futsal, cek minimal seminggu sekali.

Apalagi tidak jarang pemain futsal suka tidak menggunakan kaos sehingga keringatnya cepat menetes, membuat rumput cepat basah. Kebiasaan meludah juga harus dihindari.

Pertama, Anda harus memastikan bahwa rumput sintetis yang Anda pilih benar-benar berkualitas. Misalnya Anda dapat mengecek kekuatan lem perekat pada penampang rumput.

Kedua, pastikan letak rumput sintetis jauh dari potensi api. Jadi misalkan ditaruh di dapur, harus berjarak dari sumber api.

Ketiga, Anda harus menyadari bahwa rumput sintetis dibuat memang bukan untuk peresap air, sehingga untuk kebutuhan itu, Anda dapat membuatnya sendiri. Misalnya dengan membuat sumur-sumur resapan di halaman rumah dimana rumput sintetis itu Anda letakkan.

Sementara itu, rumput sintetis dapat Anda manfaatkan tidak hanya untuk menghiasi halaman, tetapi juga dinding maupun interior rumah. Karena itu, bila Anda berminat menggunakan rumput sintetis pastikan bahwa Anda benar-benar menempatkan sesuai fungsinya.

Kualitas Terbaik
Rumput sintetis memiliki beberapa tipe dan setiap tipe memiliki kegunaan masing-masing, sebagai contohnya rumput sintetis olahraga (futsal), rumput sintetis taman, maupun rumput sintetis dekorasi.

Tergantung dari tipe dan kegunaan rumput sintetis tersebut, spesifikasi rumput sintetis pun juga berbeda-beda, sehingga hal tersebut menyebabkan harga rumput sintetis sangatlah bervariasi antara satu tipe dengan tipe lainnya.

Anda harus memastikan rumput sintetis yang Anda pilih adalah sesuai dengan kegunaannya. Biasanya ketahanan rumput sintetis seiring dengan harganya. Dalam arti semakin mahal rumput sintetis berarti kualitas serta ketahanannya juga semakin lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar